Android Siap Tantang Apple Carplay

Jakarta - Sistem operasi yang terintegrasi dengan mobil milik Google Android akan menjadi salah satu menu di pertemuan para pengembang Google I/O. Apple Carplay pun bersiap mendapat penantang baru.

Kembali di bulan Januari, saat Consumer Electronic Show (CES) 2014 digelar, Google mengumumkan kehadiran konsorsium yang terdiri dari pabrikan otomotif yang diberi nama Open Automotive Alliance.


Konsorsium tersebut memang dibuat sebagai langkah awal dalam menciptakan sebuah intergrasi Android dengan kendaraan roda empat.


Nah, dalam ajang Google I/O inilah kabarnya akan diumumkan secara awal dari hasil pengembangan Android yang diberi nama Google Auto Link. Demikian yang dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (25/6/2014).


Belum ada informasi lebih jauh, selain dikabarkan selain Google perwakilan perusahaan otomotif Audi akan naik ke panggung untuk mempresetasikan Google Auto Link tersebut.


Sebelumnya, di ajang Geneva Motor Show, Apple menyebut iOS untuk mobil miliknya itu sebagai CarPlay.


Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, CarPlay ini menawarkan perangkat hiburan dan lainnya yang merupakan hasil integrasi dengan iOS terbaru.


"CarPlay telah dirancang dari bawah ke atas untuk menyediakan bagi pengemudi dengan pengalaman yang luar biasa dengan menggunakan iPhone mereka di dalam mobil," kata Wakil Presiden Apple iPhone dan iOS Product Marketing Greg Joswiak, saat itu.


Kelompok pertama dari mobil yang akan terintegrasi dengan CarPlay ini adalah Ferrari, Mercedes Benz, dan Volvo. Menyusul kemudian mobil terbaru dari General Motors, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Pegeuot, Suzuki dan Toyota.


(tyo/ash)