Aplikasi Android ini Bisa Pantau Pemilu

Jakarta - Era mobile application & cloud computing tak cuma dimanfaatkan untuk urusan bisnis saja. Kedua teknologi ini juga ikut digunakan oleh anak bangsa untuk berkarya memberikan sumbangsih negeri dengan membangun aplikasi pemantau pemilu.

Sebagai penyedia jasa IT yang menguasai kedua teknologi itu, PT EBconnection Indonesia mengaku ingin ikut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi di negeri ini yang puncaknya berlangsung 9 Juli 2014 mendatang.


"Tim kreatif dan teknis dari EBconnect yang terdiri dari anak-anak muda penuh kreativitas ingin memberikan sumbangsih berupa hasil karya yang disebut Pantau Pemilu," demikian email yang diterima detikINET, Jumat (27/4/2014).


Sesuai namanya, Pantau Pemilu adalah sebuah aplikasi mobile yang berbasis Android yang bisa di-download dari Google Play Store secara gratis. Ini wujud partisipasi EBconnect untuk mengajak masyarakat berperan aktif mengawal proses pemungutan suara yang jujur dan adil.


"Tidak hanya pencatatan suara, namun aktivitas lain seperti melaporkan dugaan pelanggaran, poling, survei dan lainnya, semua bisa dilakukan oleh Pantau Pemilu ini dan hasilnya kami komunikasikan melalui dashboard yang berbasis peta," kata Ikhwani, Chief Technology Officer yang menjadi leader dari tim ini.


Hal senada disampaikan pula oleh Putranto Yuwono, Direktur PT EBconnection Indonesia. Menurutnya, tim yang dipimpinnya sudah melakukan kajian yang cukup lama dan mendalam untuk membangun sebuah mobile application secara umum.


"Guna kemudahan pemanfaatan yang lebih luas, disain aplikasi dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat modular. Modul-modul yang ada pun bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti survei, pendataan, pelaporan proyek dan banyak aktivitas lainnya," jelasnya.


Aplikasi "Pantau Pemilu" ini sendiri sudah tersedia di Google Play Store. Siapapun pemenang Pemilu nanti, menurut EBconnect, tidak perlu saling bermusuhan dan lebih baik berkarya saja demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.


(rou/ash)