Google Bayar Developer USD 5 Miliar, Apple Berapa?

Jakarta - Android dan iOS bersaing sebagai ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi developer. Google mengklaim sudah membayarkan miliaran dolar kepada para pengembang tersebut.

Di depan para tamu undangan dan para developer di Google I/O, bos Android Sundar Pichai mengatakan bahwa sistem operasi besutannya sudah mempunyai pengguna aktif hingga 1 miliar.


Dia juga menyebutkan, Google sudah membayar ke para pengembang hingga USD 5 miliar atas sejumlah aplikasi yang dibeli oleh konsumen. Jumlah tersebut naik double digit dari sebelumnya.


Dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (27/6/2014), sedangkan Apple dalam catatan di tahun 2013, sudah memberikan uang sekitar USD 8 miliar kepada para pengembang yang memasukan aplikasinya ke App Store.


Dengan begitu, boleh dibilang ekosistem di App Store masih dominan dan memberikan keuntungan yang lebih tinggi kepada para developer. Apalagi jumlah penjualan iDevice terus meningkat dan ditambah ekosistem yang semakin matang.


"Kami memprediksi bahwa ekosistem Apple akan terus dominan di antara pengembang dalam beberapa waktu ke depan," tutur analis Acuri.


Analis dari J.P Morgan, Rod Hall pun mempunyai pemikiran yang sama bahwa Google I/O 2014 belum mampu menggoyahkan dominasi ekosistem iOS. ini dikarenakan Android masih fleksibel untuk lintas perangkat.


(tyo/ash)