Bos Google Sindir iOS di Depan Ribuan Developer

Jakarta - Tim Cook, sang CEO Apple, beberapa kali mengklaim bahwa iOS lebih bagus ketimbang Android. Pihak Google selaku pemilik Android sepertinya panas mendengarnya dan melancarkan serangan balasan.

Dalam perhelatan Google I/O yang dihadiri ribuan developer, bos Android Sundar Pichai mengemukakan sindirannya pada sistem operasi iOS. Dikutip detikINET dari TechCrunch, Kamis (26/6/2014), dia menilai beberapa fitur yang sudah ada sejak lama di Android ditiru oleh Apple.


"Jika Anda melihat apa yang didapatkan oleh platform lain pada saat ini, misalnya saja widget, keyboard yang bisa dikustomisasi, banyak dari hal-hal itu sudah ada di Android semenjak empat atau mungkin lima tahun yang lalu," kata pria keturunan India ini.


Pichai memang tidak menyebut Apple secara terang-terangan. Tapi sudah pasti sasarannya adalah perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu, mengingat di versi terbaru iOS 8, ada kemampuan anyar keyboard yang bisa diganti serta fitur yang mirip widget Android.


Beberapa waktu lalu,Tim Cook juga mengkritik bahwa konsumen membeli ponsel Android karena sebuah kesalahan. Kemudian mereka mencari pengalaman yang lebih baik sehingga memutuskan mencoba iPhone dan iOS.


Pernyataan itu pun disanggah juga oleh Pichai. Menurutnya, adopsi perangkat Android lebih cepat dibandingkan para pesaingnya, termasuk iOS.


"Setiap data yang saya lihat menyatakan bahwa orang-orang mengadopsi Android dengan pertumbuhan lebih cepat dibanding sistem operasi lain. Kami melakukan hal yang luar biasa," kata Pichai. Ia menyatakan bahwa jumlah pengguna aktif Android sudah tembus 1 miliar.

(fyk/ash)