Google Kenalkan VR Headset Berbahan Kertas

Jakarta - Event Google I/O memang kerap memberi kejutan. Tak terkecuali tahun ini dimana Google memperkenalkan perangkat VR (virtual reality) headset yang bisa dibuat sendiri hanya dengan bermodalkan bahan kardus.

Cardboard, itulah nama yang diberikan Google pada kreasinya kali ini. Tak seperti kebanyakan perangkat yang juga menitikberatkan pada material yang digunakan, Google sepertinya berusaha mengajak pengguna untuk fokus pada fungsi yang ditawarkan.


Sebelum membuatnya pengguna wajib menginstal aplikasi Cardboard dulu pada ponsel Android dengan versi 4.1 keatas. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai inti dari cardboard, karena dari sinilah pengguna bakal merasakan sensasi menggunakan VR Headset, meski hanya berbahan kardus.


Sesuai petunjuk yang ada, setelah cardboard selesai dirakit, pengguna tinggal menyelipkan ponsel yang telah terinstal aplikasi Cardboard pada tempat yang tersedia. Selanjutnya sebuah tag NFC yang berada di dalam tempat tersebut akan menjalankan aplikasi Cardboard.


Selanjutnya pengguna tinggal mengenakan VR Headset Cardboard dan merasakan sensasi ala virtual reality yang ditawarkan. Pengguna bakal disodorkan sebuah simulasi oleh aplikasi cardboard. Serunya, saat pengguna menolehkan kepalanya ke kiri ataupun ke kanan, pengguna seakan disodorkan tampilan lingkungan yang mengitarinya.


Sepasang lensa yang terletak di bagian depan juga semakin memberikan efek stereoscopic bagi penggunanya. Selain itu juga terdapat sepasang magnet di bagian kiri dan kanan Cardboard yang berfungsi sebagai tombol untuk memilih sejumlah pilihan menu yang ada dalam aplikasinya saat menggunakan Cardboard.


(yud/ash)