Siap-siap Banjir Mobil Pintar

San Francisco - Google resmi memperkenalkan sistem operasi khusus mobil, Android Auto. Kendaraan yang menggunakan sistem operasi itu pun dijanjikan segera beredar.

Android Auto seakan menjadi jawaban Google atas Apple CarPlay. Dan perang sistem operasi pun tampaknya tak hanya ada di ponsel dan tablet, tapi juga meluas ke ranah otomotif.


Android Auto merupakan hasil modifikasi dari Android L. Hanya saja tampilan dan fiturnya diubah agar sesuai dengan kebutuhan di mobil.


Direktur Teknik Android Patrick Brady menjelaskan bahwa beberapa fungsi dasar dari Android Auto ini adalah mampu diperintah untuk memutar musik, mengecek lalu lintas, dan menjadi penunjuk arah jalan. Kehadiran Android Auto juga diharapkan bisa menekan angka kecelakaan kendaraan.


Konsep yang ditawarkan Android Auto itu pun langsung memikat para produsen mobil. Google mengklaim sudah ada beberapa merek yang siap menggunakan sistem perasi tersebut, mereka adalah Acura, Alfa Romeo, Audi, Bentley, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Fiat, Ford, Honda, Mazda, Subaru, Volkswagen, Renault, Maserati, Infiniti and Jeep.


Seperti dikutip detikINET dari Android Authority, Kamis (26/6/2014), mobil yang menggunakan sistem operasi tersebut akan mulai meluncur akhir 2014, dan dijanjikan bakal makin banyak di tahun berikutnya.


Namun tak sekadar memasukkan Android ke mobil, beberapa produsen pun mengaku akan melakukan modifikasi agar sesuai dengan kendaraan buatan mereka, Audi misalnya.


Produsen mobil mewah itu akan mengintegrasikan Android Auto dengan Audi MMI infotainment system. Nantinya mobil juga akan bisa mengenali suara pemiliknya, dan bisa diperintah untuk melakukan beberapa hal.


Audi menjanjikan mobil Android Auto buatan mereka bakal dipasarkan mulai 2015 nanti.


(eno/ash)