Investor Marah, Nokia Harus Berubah!

Amerika Serikat - CEO Nokia Stephen Elop harus menghadapi kemarahan para pemegang saham. Dalam pertemuan tahunan dengan para investor, Elop pun didesak melakukan perubahan.

"Anda sangat menyenangkan dan tim Anda melakukan yang terbaik. Tapi jelas itu saja tidak cukup," kata salah satu pemegang saham Hannu Virtanen kepada Elop, seperti dilansir Reuters, Kamis (8/5/2013).


"Apakah Anda sadar dengan hasilnya? Ini jalan menuju neraka yang diaspal dengan niat baik. Tolong segera beralih ke jalan lain," lanjutnya.


Investor lain mempertanyakan keputusan Elop menggantungkan segalanya ke Windows Phone. Mereka juga mengatakan sudah hilang kesabaran menantikan perkembangan dari strategi yang dijalankan Elop saat ini.


Berbicara soal Windows Phone yang kini diadopsi Nokia, perusahaan asal Finlandia ini sebenarnya cukup mencuri perhatian dengan deretan seri Lumia yang dirilisnya. Penjualan ponsel Lumia tercatat meningkat signifikan tahun lalu.


Namun tetap saja, Nokia terutama di mata para investor masih jauh tertinggal dengan para 'jagoan' di ranah smartphone seperti Apple dan Samsung. Nokia saat ini memang sedang dalam masa menentukan.


Mereka berkiblat ke Windows Phone untuk memperbaiki nasibnya di pasar smartphone. Elop sendiri bergeming. Dia dengan percaya diri menegaskan kembali komitmen perusahaan terhadap Windows Phone.


(rns/ash)