Biaya Komponen S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

Jakarta - iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4 adalah dua smartphone premium yang mempunyai beragam sisi yang bisa dilihat. Termasuk soal jeroan dipasangkan di keduanya.

Nah, iSuppli yang memperkirakan harga komponen antara dua smartphone flagship ini mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan Samsung untuk membuat Galaxy S4 lebih mahal dari iPhone 5.


Seperti dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (10/5/2013), secara kalkukasi komponen Galaxy S4 yang dikeluarkan oleh Samsung sebesar USD252.


Harga tersebut untuk Galaxy S4 yang menggunakan versi prosesor Exynos 5 Octa. Selisihnya mencapai USD10 lebih mahal dari yang versi prosesor Qualcomm Snapdragon 600 Quadcore.


Dengan memori internal sebesar 16GB, ternyata biaya komponen Samsung lebih mahal dari iPhone 5. Karena, menurut iSuppli, biaya komponen iPhone 5 tak lebih dari USD207saja.


Kendati Samsung Galaxy S4 lebih mahal dari iPhone 5, smartphone Android ini dijual tidak jauh berbeda dari ponsel besutan Apple tersebut, yakni sebesar Rp7,5 juta di Indonesia.


Dari total tersebut, biaya komponen S4 tersedot cukup banyak saat Samsung menyematkan layar 5 Inch dengan Super Amoled dengan kepadatan 441 ppi dan Gorila Glass 3, yang menghabiskan dana USD75.


Walau tergolong 'murah', biaya komponen ini tidak termasuk biaya biaya-biaya yang lain di luar urusan komponen yang digunakan dan manufaktur, yakni seperti biaya research & development (R&D), distribusi, marketing dan berbagai komponen biaya lainnya.


Berikut skema biaya komponen S4.



(tyo/rns)