Silvermont, Prosesor Baru Intel Penantang ARM

Jakarta - Intel mengaku sudah memiliki prosesor yang dirancang khusus untuk komputer tablet dan smartpone. Chip itu pun siap bersaing dengan ARM yang selama ini mendominasi.

Prosesor tersebut bernama Silvermont. Arsitekturnya dibuat berdasarkan Intel Atom, namun di dalamnya ada beberapa perubahan yang membuatnya diklaim 3 kali lebih cepat dan 5 kali lebih hemat dibanding Intel Atom tercepat saat ini.


Salah satu teknologi baru yang dipakai oleh Silvermont yakni proses fabrikasi 22nm. Hal ini membuat prosesor tersebut memiliki bentuk yang lebih kecil, namun dengan jumlah transistor yang lebih banyak.


Selain itu ada juga teknologi 3D Tri-gate transistor, teknologi ini pertamakali ditanamkan Intel pada prosesor dengan code nama Ivy Bridge.


Silvermont juga dirancang Intel agar sistem stand-by yang lebih dinamis. Dengan ini diharapkan produk yang menggunakan chip tersebut bisa lebih hemat daya.


Seperti dikutip detikINET dari PC World, Selasa (7/5/2013), sayangnya Intel belum membeberkan kapan prosesor itu akan dipasarkan. Namun janjinya, produk tersebut akan dipamerkan pada ajang Computex di Taiwan bulan Juni mendatang.


(eno/ash)