Dominasi Android Makin Tak Terbendung

Jakarta - Android terus mendominasi pasar smart device di seluruh dunia, khususnya di kuartal pertama tahun 2013. Demikian hasil laporan terbaru dari Canalys.

Menurut Canalys, pengapalan smart device dimana penggabungan dari notebook, tablet dan smartphone sepanjang kuartal pertama tahun 2013 mencapai 308,7 juta unit. Jumlah ini naik 37.4% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.


Bila dipilah berdasarkan sistem operasi, maka dominasi Android makin tak terbendung. Dimana mereka menguasai pengapalan hingga 59.5%.


Seperti detikINET kutip dari Cnet, Jumat (10/5/2013), Android meninggalkan pesaing terdekatnya yakni iOS dengan jumlah market share 19.3%, disusul Windows Phone sebesar 18.1%.

Soal vendor yang paling banyak, tentu saja Samsung yang sepanjang tahun lalu berhasil mengapalkan 82.2 juta device. Sementara Apple hanya 59.6 juta.


Posisi ketiga justru ditempat vendor PC asal China yang ikut nyemplung di ranah ponsel cerdas, yakni Lenovo. Pabrikan ini berhasil mengapalkan 15.3 juta.


Sementara itu pengapalan tablet di seluruh dunia melesat tajam bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, yakni sebesar 106.1%, dimana pengapalan mencapai 41.9 juta unit.


iPad dengan sistem operasi iOS masih berkuasa dengan menguasai pasar sebanyak 46.4%.


(tyo/eno)