Intel Haswell Core i7 4770K Digeber Hingga 7 GHz

Jakarta - Prosesor Intel Haswell mungkin baru akan diluncurkan pada bulan Juni mendatang. Namun sejumlah sampel prosesor Haswell telah disebar oleh Intel, salah satunya berada pada tangan seorang overclocker dengan nickname 'rtiueuiurei'.

Berkat tangan ciamiknya, Core i7 4770K yang dapat dipastikan sebagai engineering sample tersebut sukses digeber hingga kecepatan clock 7 GHz! Atau lebih tepatnya 7012,65 MHz.


Untuk memperoleh kecepatan tersebut, rtiueuiurei menggunakan kecepatan FSB sebesar 91,07 MHz yang dijalankan pada multiplier yang dikalikan 77. Sedangkan untuk mengakomodir kecepatan clock yang melonjak drastis tersebut, rtiueuiurei mengandalkan tegangan 2,56 volt.


Namun bila ditelaah lebih dalam, sepertinya tinggi tegangan yang digunakan rtiueuiurei terbilang kurang masuk akal. Kecuali ia memang telah menggunakan sistem pendingin yang sangat mumpuni untuk mengakomodir panas yang bakal dihasilkan oleh Core i7 4770K pada kecepatan clock dan dengan tegangan setinggi itu.


Benar atau tidak, belum ada konfirmasi lebih jauh mengenai keberhasilan yang dicapai oleh rtiueuiurei. Namun bila benar, bisa dipastikan Core i7 4770K memiliki potensi tinggi terutama bagi penggila overclock.


(ash/ash)