Asha 501, 'Smartphone' Rp 1 Jutaan dari Nokia

Jakarta - Nokia meresmikan anggota baru ponsel di keluarga Asha, yaitu Asha 501. Dengan sistem operasi baru di dalamnya, Nokia mengklaim Asha 501 adalah sebuah smartphone alias ponsel cerdas, bukan feature phone.

Ponsel dengan harga USD 99 atau di kisaran Rp 1 juta ini menjalankan platform software baru bernama Asha OS dari Smarterphone, perusahaan yang diakuisisi Nokia di 2012. Asha OS bisa menampilkan interface bernama Fastlane, yang menunjukkan daftar aplikasi sedang diakses, update jejaring sosial ataupun kontak.


"Dengan platform Asha yang baru, developer bisa membuat aplikasi berkualitas yang sebelumnya hanya ada di smartphone high end," kata Marco Agenti, head of Developer Experiences Nokia.


Beberapa aplikasi menarik sudah ada di OS tersebut. Termasuk CNN, eBuddy, ESPN, Facebook, Foursquare, LinkedIn dan Twitter. Ada juga game dari Electronics Arts, Gameloft dan Namco Bandai.


Asha 501 memiliki layar 3 inch kapasitif 240 x 320 pixel dengan 133ppi. Spesifikasi lainnya meliputi kamera 3,2 megapixel, Wi Fi, baterai yang diklaim dapat bertahan stand by sampai 48 hari, memori internal 128MB dan slot microSD. Namun konektivitasnya masih 2G.


Asha 501 yang punya berbagai pilihan warna menarik ini akan segera dirllis pada bulan Juni ke 90 negara. Demikian seperti dikutip detikINET dari PCMag,Jumat (10/5/2013).


(fyk/fyk)