Apple Minta Google Serahkan Kode Sumber Android

San Fransisco, AS - Apple menyeret Google dalam perang paten melawan Samsung. Demi transparansi, produsen iPhone ini meminta Hakim memerintahkan Google menyerahkan source code Android. Apple mengatakan Google tak semestinya menahan informasi yang telah diminta dalam proses praperadilan.

Google dilibatkan dalam kasus ini karena menurut Apple, Android yang merupakan OS milik sang raksasa internet tersebut digunakan di semua perangkat Samsung yang melanggar paten Apple. Google pun dinilai 'memfasilitasi' Samsung sejumlah fungsionalitas.


"Ini adalah pertanyaan mengenai transparansi. Dan Google tidak sepenuhnya melakukan pencarian," demikian ujar pengacara Apple Mark Lyon seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (10/5/2013).


Isu yang dibahas di sini adalah mengenai penemuan informasi. Apple yakin data terkait dengan Android akan menjadi kunci ke tahapan selanjutnya dalam kasus sengketa patennya dengan Samsung.


Sementara itu, pengacara Google dan Samsung Matthew Warren mengatakan, membiarkan Apple melihat dokumen terkait dengan Android akan menguak apa yang mungkin tidak perlu diketahui Apple.


"Istilah pencarian adalah 'penemuan masa depan' yang kami pikir Apple tidak berhak mengetahuinya. Ini juga bisa membocorkan ide-ide yang akan diwujudkan di masa depan diketahui Apple dan mereka tidak memilikinya," ujarnya.


(rns/rou)