Samsung Perkaya Smart TV dengan Akuisisi MOVL

Seoul - Samsung ingin TV pintarnya semakin kaya konten. Salah satu caranya, perusahaan asal Korea Selatan ini mengakuisisi startup MOVL, perusahaan yang membuat aplikasi hiburan untuk Smart TV.

Perusahaan asal Atlanta yang baru berumur dua tahun ini menyediakan aplikasi untuk TV dengan menghubungkan perangkat mobile dengan TV. Ini biasa disebut 'second screen experience'.


Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (7/5/2013), aplikasi ini antara lain termasuk game seperti Poker Fun dan WeDraw, aplikasi kesehatan SmartFitTV dan video social WeTeli. Ke depannya, kolaborasi Samsung dengan MOVL akan memperbanyak jenis aplikasi yang dihadirkan.


Akuisisi dilakukan Samsung bulan lalu. Namun baik Samsung maupun MOVL menolak menyebutkan nilai akuisisi tersebut. Pembelian MOVL, memungkinkan Samsung mendahului rivalnya yang juga membuat Smart TV, di urusan konten.


Saat ini, toko aplikasi Samsung khusus untuk Smart TV sudah memiliki ratusan aplikasi. Di dalamnya termasuk aplikasi populer yang sudah dimodifikasi untuk digunakan di TV seperti Angry Birds dan video-streaming seperti Amazon Prime Instant Video. Akuisisi MOVL, akan membantu Samsung membangun second-screen experience.


(rns/rou)