'Diobrak-abrik' Gita Wirjawan, Pedagang Ponsel Roxy Kabur

Jakarta - Para pedagang ponsel di ITC Roxy Mas, Jakarta kaget dengan aksi sidak Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Mereka bahkan tak tahu akan adanya kunjungan tersebut.

Misalnya seorang penjaga toko ponsel yang tak mau disebutkan namanya sangat takut dengan kehadiran orang nomor satu di kementerian perdagangan tersebut. Beberapa dari mereka kabur alias menghindar dari Gita Wirjawan.


"Saya deg-degan ketakukan, saya nggak biasa ketemu orang besar (pejabat)," kata penjaga toko tersebut kepada detikFinance, usai sidak, di ITC Roxy Mas, Jakarta, Rabu (7/5/2013)


Beberapa tanggapan para pedagang maupun penjaga toko lainnya juga beragam. Bahkan ada yang tak tahu kalau pejabat yang melakukan sidak di tokonya adalah menteri perdangan.


"Itu menteri perdagangan tadi bule ya? Ganteng kayak bule, kayak presiden AS, kayak Bush, ya cocok jadi presiden," seorang wanita penjaga toko Frann's.


"Memang saya nggak tahu, siapa dia, saya tahu dia menteri perdagangan pas di sini saja," timpal penjaga toko HP lainnya.


Gita melakukan sidak di ITC Roxy Mas sekitar 20 menit. Kegiatan ini dalam rangka mengawasi barang beredar ilegal khususnya produk elektronika seperti HP. Dalam sidak ini, Gita didampingi Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Nus Nuzulia Ishak, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi, dan Sekjen Kemendag Gunaryo.


(zul/ash)