Sidak ke Roxy Mas, Gita Wirjawan Kaget Banyak HP Ilegal

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan kaget dengan kenyataan banyaknya produk elektronik ilegal seperti ponsel yang beredar di ITC Roxy Mas. Hari ini Gita melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pusat ponsel di Jakarta tersebut.

Saat datang di Roxy sekitar pukul 11.00 WIB, Gita langsung menuju ke beberapa toko. Di salah satu toko, Gita langsung melihat-lihat produk BlackBerry terbaru Z10.


Hasil penelusurannya, ternyata ada produk-produk ponsel pintar itu kartu garansinya sudah kadaluarsa, bahkan sudah berakhir pada 2005 lalu. Hal ini jelas-jelas melanggar aturan. Selain itu ditemukan juga, ada produk ponsel BlackBerry yang buku manualnya belum berbahasa Indonesia, sehingga seharusnya tidak dijual di Indonesia. Produk tersebut hanya mengantongi izin edar di Malaysia.


Setelah menelusuri beberapa toko, Gita pun langsung menuju gudang-gudang di kawasan tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan, ia melihat tempat pembuatan garansi duplikat alias ilegal.


"Wah ini ternyata banyak sekali ya yang ilegal di sini, bukan hanya ilegal tapi diselundupkan," kata Gita keheranan saat sidak di ITC Roxy, Rabu (8/5/2013).


(zul/ash)