Western Digital Raup USD 3,8 Miliar

Jakarta - Western Digital (WD) melaporkan hasil keuangan kuartal fiskal II yang berakhir pada 29 Maret 2013. Untuk pendapatan, WD meraup USD 3,8 miliar atau naik dari raihan USD 3 miliar pada kuartal sama di tahun lalu.

Tapi untuk sisi laba, pembuat media penyimpanan digital ini meraih hasil kurang memuaskan. Laba bersih WD tercatat sebesar USD 391 juta, turun dari tahun lalu yang menembus angka USD 483 juta.


Adapun untuk pengiriman hard drive sebanyak 60,2 juta unit untuk kuartal fiskal ketiga yang berakhir pada 29 Maret 2013. Sedangkan pada kuartal tahun lalu, WD mengirimkan 44,2 juta hard drive.


Laba bersih non-GAAP di kuartal tahun lalu sebesar USD 619 juta atau USD 2,52 per lembar saham.


WD menghasilkan USD 727 juta dalam bentuk tunai dari operasional selama kuartal Maret, sehingga total uang tunai dan setara dengan uang tunai yang dimiliki adalah sebesar USD 4,1 miliar.


Selama kuartal ini, WD menggunakan USD 243 juta untuk membeli kembali 5,2 juta saham dari common stock. Pada 14 Februari, WD mengumumkan dividen common stock sebesar USD 0,25 yang telah dibayar pada 15 April.


"Eksekusi yang kuat oleh HGST kami dan anak-anak perusahaan WD mendorong hasil yang luar biasa pada kuartal Maret karena kami terus memanfaatkan pertumbuhan sekuler data digital," kata Steve Milligan, Presiden dan Chief Executive Officer WD.


"Permintaan industri secara keseluruhan ini sejalan dengan harapan kami. Dalam bisnis kami, kami melihat kekuatan dalam perusahaan, kinerja yang stabil di klien dan elektronik konsumer, dan beberapa seasonal softness yang sudah diantisipasi di branded product," pungkasnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5/2013).


(ash/rns)