Markas Huawei Digerebek

Bern - Huawei terancam akan kehilangan pesanan peralatan telekomunikasi cukup besar di Swiss. Swisscom, provider telekomunikasi utama di negara tersebut, memperingatkan akan menghapus Huawei dari daftar pemasok, jika perusahaan asal China ini terbukti melanggar hukum setempat.

Dilaporkan Cellular-news, Rabu (8/5/2013), kantor Huawei di Swiss didatangi pihak kepolisian pekan lalu. Penggerebekan ini mengharuskan sembilan orang karyawan diamankan.


Kepolisian mengklaim, karyawan Huawei terpaksa ditangkap karena melanggar aturan imigrasi. Diduga, beberapa staf dengan visa untuk kunjungan wisata, menggunakannya untuk bekerja di Swiss.


"Jika tudingan ini terbukti, kami tak akan lagi menggunakan Huawei sebagai pemasok. Kami saat ini sudah mencari alternatif lain pengganti Huawei," kata CEO Swisscomm, Carsten Schloter.


Dia menyebutkan, ini berhubungan dengan kepercayaan dan mereka harus memastikan pemasoknya mematuhi undang-undang Swiss. Huawei sendiri selama ini sudah dipercaya Swisscomm menjadi pemasoknya untuk divisi landline service.


(rns/ash)