Foxconn Alihkan Produksi iPhone

Jakarta - Foxconn Electronics berencana melimpahkan pesanan iPhone yang diterimanya dari Apple ke anak perusahaan mereka, Foxconn International Holdings (FIH). Foxconn juga bakal menambah jumlah karyawan untuk ngebut memproduksi iPhone.

Di sisi lain, bagi Foxconn sendiri, pelimpahan yang mendapat persetujuan Apple ini, bertujuan membantu FIH meningkatkan operasional bisnisnya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, FIH mengalami penurunan pesanan dari Nokia dan Motorola Mobility.


Meski menangani pesanan dari sejumlah vendor besar China seperti Huawei, ZTE dan Lenovo, pengurangan pesanan dari Nokia dan Motorola Mobility menyumbang kerugian besar bagi FIH di paruh kedua 2012 adalah kerugian terbesar. Ini dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.


Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, Wall Street Journal, Selasa (7/5/2013) melansir, pengalihan ini juga memungkinkan Foxconn merampingkan dan mengoptimalkan operasional di dalam grup perusahaannya.


Sebelumnya, Foxconn diberitakan tengah mempersiapkan produksi dari iPhone terbaru. Untuk itu, perusahaan asal Taiwan ini menambah 10 ribu karyawan untuk pabrik mereka di Zhengzhou. Pabrik Foxconn Zhengzhou saat ini telah memiliki kurang lebih 300 ribu karyawan.


(rns/ash)