Daftar Domain .id 'Ribet', Tapi Lebih Aman

Jakarta - Harus diakui, masih ada yang berpikir jika domain generik seperti .com atau .net lebih menarik ketimbang .id. Padahal domain .id punya nilai plus yang membuatnya patut dilirik.

Menurut Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bidang Sosialiasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, kelebihan dan kelemahan domain .id terletak pada kewajiban registran atau pengguna nama domain untuk memberikan salinan dokumen identitas dan salinan dokumen legalitas untuk beberapa nama domain saat mendaftarkan nama domainnya.


"Karena pemiliknya jelas, maka nama domain .id secara umum lebih terpercaya dibandingkan nama-nama domain generik seperti .com, .net, .org, atau sejenisnya," tegas Sigit kepada detikINET, Senin (18/8/2014).


Whois pengguna nama domain .id pun dapat dilihat secara transparan oleh publik sehingga memperkecil peluang nama domain .id digunakan untuk penipuan atau tindakan melanggar hukum lainnya.


Apabila masih ada nama domain .id yang digunakan untuk pelanggaran hukum, PANDI dapat melakukan tindakan suspend domain hingga menghapus nama domain jika sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan.


"Dengan cara ini, domain .id menjadi lebih terpercaya dan aman digunakan untuk web e-commerce atau web-web lainnya yang membutuhkan tingkat kepercayaan tinggi seperti situs berita," lanjut Sigit.


Namun seringkali hal ini juga dianggap sebagai kelemahan domain .id karena pendaftarannya menjadi lebih 'ribet'. Next


(ash/fyk)