Asyik dengan iPad, Pilot Hampir Bikin Pesawat Celaka

Jakarta - Meski mengasyikan, memainkan tablet maupun ponsel sebaiknya di tempat yang tepat. Tak seperti co-pilot ini yang justru asyik bermain tablet kala dipercaya pilotnya untuk mengawasi penerbangan. Alhasil, pesawat yang dikendalikannya sempat ‘jatuh’ dari ketinggian.

Seperti dilansir New York Post, pesawat bertipe Boeing 777-300ER itu dilaporkan sempat turun hingga 5000 kaki dari ketinggian sebelumnya. Parahnya, karena asyik dengan iPad miliknya, co-pilot yang ditugasi justru tak menyadari hal tersebut.


Untungnya staf di darat segera menginformasikan anomali tersebut sehingga co-pilot menyadari kelalaiannya dan langsung mengembalikan ketinggian pesawat ke posisi yang seharusnya. Saat kejadian ini berlangsung, sang pilot tengah beristirahat dan memposisikan penerbangan pesawat dalam kondisi ‘auto pilot’.


Pesawat tersebut akhirnya mendarat dengan selamat di tujuan seharusnya yakni Mumbai, India, namun kedua awak kabin tersebut harus mengikuti sejumlah persidangan untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.


Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Senin (18/8/2014), sang pilot kabarnya mengaku sayap pesawatnya sempat tertahan, sementara asistennya mengaku terlalu asyik dengan iPad miliknya. Namun penyelidik menduga keduanya tertidur pulas saat kejadian membahayakan itu terjadi.


(yud/ash)