'Apple Tak Lagi Inovatif'

Jakarta - Sebagian investor kini mulai menganggap Apple tidak lagi inovatif dibandingkan pesaing. Tekanan hebat dari pesaing membuat perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini kewalahan.

Sebanyak 71% dari investor yang disurvei Bloomberg menyatakan Apple telah kehilangan sinarnya sebagai inovator industri. Meski 43% di antaranya masih meyakini hal itu hanya berlangsung untuk sementara.


Sebanyak 23% responden masih percaya Apple perusahaan paling terkemuka di dunia teknologi. Kemudian jika dipilah berdasarkan wilayah, 83% investor di Asia dan 74% di Eropa menilai Apple kehilangan inovasi. Adapun di AS yang notabene kandang Apple, 'hanya' 63% menilai Apple hilang arah.


"Mereka memang kehilangan momentum. Namun masih dalam poin di mana mereka bisa mengubahnya. Mereka masih punya brand kuat," kata Lionel Mellul, kepala Sunrise Broker.


Dikutip detikINET dari Telegraph, Senin (20/5/2013), Apple telah menggebrak industri dengan produk seperti iPod, iPhone dan iPad. Namun saat ini, belum ada lagi produk baru yang sefenomenal ketiganya.


Situasi saat ini pun kurang menguntungkan karena kompetitor yang memakai Android memberi perlawanan hebat. Dan terkadang menawarkan sesuatu yang lebih inovatif.


"Apple saat ini tidak sungguh berinovasi lagi. Ada perusahaaan seperti Samsung yang sekarang memimpin, yang membuat Apple terlihat seperti tertinggal," kata Gala Prada, pemgamat pasar dari Fiatc Seguros.


(fyk/ash)