Apple Caplok Perusahaan Israel Senilai Rp 4 Triliun?

Amerika Serikat - Kabar bahwa Apple membeli PrimeSense kian menguat. Rumor terakhir menyebutkan, Apple rela mengucurkan uang sebesar USD 345 juta, atau sekitar Rp 4 triliun untuk mencaplok perusahaan di balik teknologi sensor milik Kinect itu.

Jika hal yang dikuak oleh harian Calcalist di atas terbukti benar, maka akuisisi itu merupakan pembelian kedua Apple terhadap perusahaan Israel. Sebelumnya, pembelian dilakukan pada perusahaan Anobit pada Januari tahun lalu.


Teknologi pelacak gerakan besutan PrimeSense sendiri sebelumnya dipakai oleh Microsoft untuk Kinect pada Xbox 360, namun pada Xbox One sensor tersebut tidak lagi digunakan.


Jika akusisi itu benar, maka bisa jadi sensor gerak ala Kinect muncul di jajaran produk Apple seperti iPhone, iPad atau Macbook. Namun menurut VentureBeat, yang dikutip detikINET, Senin (18/11/2013), diprediksi Apple akan memamakainya pada jajaran smart TV mereka.


PrimeSense menolak berkomentar mengenai hal itu. "Kami tidak berhubungan dengan rumor mengenai konsumen dan partner kami," tukas Executive Vice President of Sales and Marketing PrimeSense, Yaniv Vakrat.


Adapun PrimeSense, yang berbasis di Tel-Aviv dan bertanggung jawab terhadap teknologi motion-tracking di Xbox 360 Kinect ini telah berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar USD 85 juta dari perusahaan-perusahaan modal Ventura. Sejauh ini mereka memiliki sekitar 150 karyawan.


(sha/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!