Tablet PC Laku Keras di Indonesia

Jakarta - Diperketatnya regulasi impor terkait gadget ternyata tidak menyurutkan penjualan tablet PC di Indonesia. Buktinya hingga pertengahan tahun ini, jumlah tablet yang terjual telah mencapai satu juta unit.

Data ini dipaparkan oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC). Disebutkan, penjualan tablet tak hanya didorong oleh tablet kelas atas seperti iPad dan sekelasnya, namun juga banyak dimeriahkan oleh tablet merek lokal.


Dalam keterangan yang dikutip detikINET, Senin (18/11/2013), IDC memperkirakan penjualan tablet hingga akhir 2013 masih akan tumbuh pesat. Bahkan jumlahnya diperkirakan bisa terjual sekitar 5 juta unit atau naik 38% dibandingkan tahun lalu, 3,6 juta unit.


Menurut Client Devices Market Analyst for Mobile Phone & Tablet IDC Indonesia Darwin Lie, naiknya penjualan tablet di Indonesia diiringi dengan turunnya penjualan PC dan notebook.


"Notebook diperkirakan terjual 3,6 juta unit pada tahun ini di Indonesia. Pada 2015, pengapalan komputer tablet lebih besar dibanding pasar notebook yakni di 6 juta unit sementara pengapalan notebook tetap di 5,5 juta unit," paparnya.


Sementara menurut Client Devices Market Analyst for PC & Monitor IDC Indonesia, Deddie Sionader, terdapat beberapa hal yang berpotensi menghambat pertumbuhan tablet di Indonesia pada tahun depan.


"Misalnya, melemahnya rupiah terhadap dolar AS dan tingginya inflasi yang membuat konsumen Indonesia menjadi selektif dalam membelanjakan pengeluarannya," jelasnya lebih lanjut.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!