Microsoft Hadapi Data 'Setinggi' 6 Kali Gunung Everest

Jakarta - Microsoft telah mengumumkan secara resmi soal penutupan Hotmail dan memindahkan seluruh pengguna ke Outlook. Proses perpindahan ini pun tidak mudah, karena menyangkut data 150 PetaByte.

Data tersebut merupakan milik 300 juta pengguna Hotmail yang secara aktif menggunakan layanan tersebut. Microsoft mengaku sangat hati-hati dalam proses tersebut karena ini menyangkut kenyamanan para pengguna layanannya.


"Untuk memberikan pengalaman yang terbaik di Outlook, saat ini kami sedang fokus pada proses upgrade," ujar Dick Craddock, Program Manager untuk Outlook.com.


Jika tak ada aral melintang proses migrasi data dari Hotmail ke Outlook dijadwalkan bakal rampung selama 6 minggu. Cukup lama memang, karena Microsoft mengaku tak semudah itu memindahkan 150 PetaByte data yang setara dengan 157 juta GigaByte.


Sebagai gambaran, jika data tersebut seluruhnya adalah lagu, maka dibutuhkan waktu sedikitnya 300 ribu tahun untuk mendengarkan seluruh musik tersebut.


Dan jika data tersebut dikumpulkan dalam bentuk DVD, maka tumpukkan kepingannya bisa 6 kali lebih tinggi dari gunung Everest. Wow!


Berikut adalah infografis dari Microsoft untuk menggambarkan seberapa besar 150 PetaByte itu.



(eno/ash)