Lisa, Anak Steve Jobs yang (Sempat) Terbuang

Jakarta - Ketika Lisa Brennan lahir pada 17 Mei 1978, seharusnya dia bangga telah menjadi salah satu darah daging dari seorang yang disebut visioner dan pendiri perusahaan terkemuka, Steve Jobs. Sayangnya, Lisa kecil tumbuh tanpa pelukan hangat sang ayah.

Ketika Lisa lahir, Steve Jos masih terbilang sangat muda, 23 tahun. Gejolak jiwa mudanya yang masih kental mengalir, membuat dia mudah emosi dan gampang meledak. Sampai dia berpikir untuk meninggalkan Chriss-Ann Brennan, pacar sekaligus ibu dari Lisa.


Ya, saat itu Jobs muda mengelak untuk bertanggung jawab terhadap anak yang dikandung oleh Brennan. Menurutnya, 23% dari pria di Amerika Serikat (AS) bisa saja ayah dari yang dikandungnya, walaupun selama ini hanya Jobs yang tinggal serumah dengannya.


Brennan pun pada akhirnya mengalah. Dia bersama putrinya, harus mengungsi ke rumah yang buruk di Menlo Park. Sambil tetap terus menuntut pengakuan bagi Lisa sebagai anak Steve Jobs.


Pada akhirnya status Lisa diputuskan melalui uji DNA. Dan hasilnya, memang benar dia adalah anak kandung Steve Jobs si pendiri Apple.


Jobs boleh saja bersumpah bahwa saat itu ia mandul dan tidak mungkin menghamili Brannan, tapi pengadilan tetap memutukan bahwa Lisa adalah anaknya. Mulai dari situlah, Lisa menambahkan nama Jobs di bagian namanya.


Lisa mendapatkan pengakuan. Salah satu komputer Apple dinamai dari nama anak pertama Jobs. Walaupun dibantah oleh pihak Apple, yang menyebutnya sebagai akronim dari Local Integrated System Architecture.Next


(tyo/ash)