Waduh, PlayStation 4 Disabotase!

China - Para pekerja Foxconn yang merakit PlayStation 4 mengaku melakukan sabotase ketika memproduksi konsol tersebut. Sejumlah produk pun dilaporkan mengalami gangguan.

Pabrik Foxconn yang berlokasi di Yantai, China, memang telah dipercaya Sony sebagai basis produksi terbesar PS4. Namun tampaknya para pekerja di pabrik tersebut tidak diperlakukan baik.


Menurut penuturan salah satu anggota forum game IGN yang mengaku sebagai pekerja di Foxconn, mereka mengklaim terpaksa melakukan sabotase karena tidak diperlakukan dengan baik oleh pengelola pabrik.


Klaim itu memang belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun menurut situs Neowin, sekitar 30% dari 1.900 reviewer yang sudah menggunakan PS4 mengalami masalah. Salah satunya konsol yang tak mau booting dan mengeluarkan notifikasi kedipan lampu berwarna biru.


Mendengar hal ini Sony pun tidak tinggal diam. Raksasa elektronik asal Jepang itu memang sudah mendengarkan keluhan seputar permasalahan pada generasi awal PS4.


"Ada beberapa laporan masalah yang kami terima, akan tetapi hal itu hanya berimbas pada kurang dari 4% unit yang ada saat ini," kata juru bicara Sony, seperti dikutip detikINET dari IGN, Senin (18/11/2013).


Foxconn memang kerap menjadi sorotan karena dianggap tidak memberikan perlakuan yang baik terhadap para perkerjanya. Padahal, ini merupakan pabrik besar yang memproduksi berbagai gadget kelas atas, termasuk iPhone, iPad, Xbox 360, dan lainnya.


(eno/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!