Beli Galaxy S4 16GB, Pengguna Cuma Dapat Memori Setengahnya

Jakarta - Pengguna yang baru membeli Samsung Galaxy S4 dengan memori 16GB jangan tercengang bila mendapatkan sisa ruang kapasitasnya terkuras banyak, bahkan hingga menyisakan setengahnya saja.

Tenang itu bukan bug atau masalah yang mendera Galaxy S4 baru Anda. Tapi karena memang aplikasi bawaan dari Samsung dan sistem operasinya yang menguras memori sangat banyak.


Hal ini diakui oleh pihak Samsung, sekaligus pernyataan bantahan terjadi masalah di Galaxy S4, khususnya versi 16GB.


"Untuk Galaxy S4 model 16GB, sekitar 6.85 GB dipakai di memori internal, 1GB lebih besar dari Galaxy SIII," sebut pihak Samsung kepada Cnet dan dikutip detikINET, Senin (6/5/2013).


Pihak vendor asal Korea Selatan menambahkan, S4 'memakan' memori begitu banyak dalam rangka memberikan layar resolusi tinggi dan fitur yang lebih kuat kepada konsumen.


Untuk pengguna tidak puas dengan sisa sekitar 8.49GB atau kurang lebih setengah dari ruang kosong tersisa untuk model 16GB, Samsung memiliki solusi, yaitu dengan membeli memori tambahan yang sudah tersedia di slot microSD.


"Kami menawarkan pengguna slot microSD tambahan yang mampu ditambahkan hingga 64GB. Sehingga total menjadi 80GB secara keseluruhan," saran pihak Samsung.


Bagi pelanggan tentu saja tak masalah membeli tambahan memori untuk memperluas ruang memori. Namun, bila dibandingkan dengan kompetitor Samsung, ini bisa menjadi sedikit noda.


Menurut catatan ExteremeTech, Galaxy S4 hanya memberikan sekitar 55% dari kapasitas penyimpanan kepada pengguna.


Bandingkan dengan iPhone 5 yang menjalankan iOS 6.1 yang mampu memberikan sekitar 77,5 persen dari kapasitas yang tersedia untuk penggunanya.


(tyo/ash)