Pasang Lensa Analog ke Kamera Digital? Datang Saja ke Pasar Baru

Jakarta - Bagi sebagian penggemar fotografi, nama Metro Atom Plaza, Pasar Baru mungkin sudah tak asing lagi. Di pusat perbelanjaan legendaris di kawasan Jakarta Pusat ini, tepatnya di lantai 2, Anda akan menjumpai sentra kamera yang sudah populer sejak beberapa dekade silam.

Jual beli kamera baru dan bekas, aksesoris fotografi hingga jasa perbaikan, baik kamera digital maupun analog ada di sini.


Menariknya, di tempat ini pula juga terdapat beberapa tempat yang menyediakan layanan pemasangan lensa analog ke kamera digital.


Salah satu outlet yang dikunjungi detikINET adalah Guci Kamera. Meski kini eranya teknologi digital, namun menurut penuturan sang pemilik, Jimmy, lensa analog tetap memiliki pesonanya. "Lensa analog terus diburu, peminatnya tambah banyak," ujarnya.


Ya, bukan hal yang tak mungkin memasangkan lensa analog atau manual ke kamera digital. Untuk melakukannya, sang teknisi harus mencocokkan mounting di lensa dengan mounting yang ada di kamera pengguna. Setelah itu dilakukanlah pengaturan di beberapa bagian, seperti diafragma, hingga infinity.


Jimmy mengatakan, ia harus memesan ke Hong Kong untuk mendapatkan mounting yang diperlukan. "Hampir semua merk kamera bisa dipasangkan lensa analog, tapi kebanyakan yang datang pakainya Nikon dan Canon," terangnya


Mengenai tingkat kesulitan, ia mengatakan untuk merk Nikon, lebih sulit dibanding merk lain. "Buat nyari infinitynya susah kalo Nikon," ia menambahkan. Adapun untuk pengerjaannya, diperlukan sekitar 3 jam per lensa.


Ada beberapa alasan pemilik kamera digital memasangkan lensa manual di pirantinya. "Selain lebih murah, hasil foto dari beberapa lensa analog lebih tajam, terutama untuk lensa fix," kata salah satu penggiat fotografi Ready Febrian.


Berapa biaya untuk pengerjaan itu? Bagi yang memiliki koleksi lensa manual, siapkan kocek sekitar Rp 300 ribu per lensa.


Tidak ada risiko pada kamera saat dipakaikan lensa analog. Masih di lantai 2, beberapa toko lain juga menyediakan jasa serupa.

(sha/ash)