Samsung Terancam Kehilangan Pesanan Chip untuk iPhone

Amerika Serikat - Samsung kemungkinan besar akan kehilangan kontrak memasok chip dari Apple. Jika tidak dibatalkan, aplikasi prosesor ini seharusnya dipakai di iPhone terbaru.

Mengutip narasumber internal yang tidak disebutkan namanya, DigiTimes melaporkan, Apple kabarnya kini lebih tertarik memberikan kontrak tersebut ke perusahaan bernama TSMC, untuk memproduksi semua aplikasi prosesor (AP) yang digunakan di iPhone versi 2014 mendatang.


Laporan Digitimes yang dilansir Senin (6/5/2013) ini juga menyebutkan, TSMC bahkan mempercepat rencana pembangunan pabrik barunya. Ini dilakukan demi memenuhi permintaan chipnya yang naik signifikan.


Meski demikian, Samsung akan tetap memproduksi chip AP untuk iPhone generasi terbaru yang akan diumumkan sekitar beberapa bulan lagi. Ada sejumlah spekulasi mengatakan, model terbaru iPhone tidak akan berbeda jauh dengan iPhone sekarang. Apple baru akan melakukan terobosan hardware di iPhone yang akan dirilis tahun depan.


Belum ada konfirmasi mengenai kepastian informasi ini. Baik Samsung apalagi Apple tidak bersedia memberikan komentar apapun. Menarik mengikuti perseteruan Apple dan Samsung. Keduanya bersaing sengit, namun di sisi lain saling membutuhkan. Apple dan Samsung pun terlibat perang paten yang seolah tak berkesudahan.


(rns/ash)