Pasar Baru, Alternatif Service Kamera dengan Harga Miring

Jakarta - Selain menjadi 'surganya' pecinta fotografi untuk berburu kamera dan aksesorisnya, Metro Atom Plaza Pasar Baru juga populer sebagai tempat tujuan bagi mereka yang ingin memperbaiki kerusakan pada pirantinya.

Harga yang dibanderol pun lebih miring dibandingkan jika melakukan service di showroom. Banyak kios yang menyediakan jasa service kamera di pusat perbelanjaan legendaris tersebut.


Di lantai 2 yang menjadi sentranya, salah satu kios membanderol harga perbaikan untuk kerusakan mainboard bisa setengah harga dibandingkan di showroom yang mencapai Rp 1-2 juta.


Hal ini dikarenakan, mereka hanya mengganti bagian yang rusak saja. Adapun menurut penjaja jasa yang diwawancara, jika pengerjaan tersebut dikerjakan di showroom, kerusakan ini harus mengganti satu blok mekanik.


Bagi pemilik kamera yang sudah melewati masa garansi, biaya perbaikan dengan harga miring tersebut tentu menggiurkan.


Adapun biaya service lainnya berbeda-beda, tergantung kerusakan yang dialami. Lantas, kerusakan apa yang kerap menimpa kamera? Dikatakan oleh Iman Yusup selaku pemilik Azzahra Camera, masing-masing brand kamera berbeda.


"Canon biasanya rusak di mekanik, kadang lampu, kadang error 99, error 01, error 30, error 70. Kalau error 99 bisa dari bodi atau lensanya yang rusak.


"Sedangkan kalau Nikon, biasanya press shutter error, mekanik, kadang-kadang juga suka konslet, terus flash unitnya juga," tambahnya. Untuk melakukan pengerjaan, biasanya pelanggan diharap menunggu dari mulai 3 hari sampai seminggu.



Tips Singkat Menjaga Keawetan Kamera


Adapun untuk menjaga keawetan kamera, Iman memberikan kiat-kiatnya. "Yang pasti jangan disimpan di lemari pakaian atau ruangan ber-AC agar tidak cepat fogging," tukasnya.


Untuk menghindari fogging, ia menyarankan agar pemilik kamera menyimpan pirantinya di dry box. Jika dirasa mahal, dry box bisa diganti dengan toples yang diberikan sillica gel.


"Batu baterai juga kalau nggak dipakai sebaiknya dicopot biar tidak keluar cairan," imbuh Iman. Pengguna juga disarankan untuk secara teratur membersihkan kamera setidaknya 6 bulan sekali.


(sha/ash)