Samsung Siapkan 2 Smartphone Tizen

Seoul - Samsung memacu pengembangan smartphone berbasis OS Tizen agar bisa segera dirilis. Perusahaan asal Korea Selatan ini diperkirakan akan meluncurkan dua smartphone Tizen sebelum akhir tahun ini.

Dikutip detikINET dari Softpedia, Senin (6/5/2013), dua smartphone tersebut diketahui memiliki nama kode GT-I8800 dan GT-I8805. Keduanya, sama-sama akan dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE.


Tizen seperti diketahui adalah OS berbasis Linux yang dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Adalah Intel dan Samsung yang memimpin pengarah teknis OS ini. Tizen juga merupakan pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.


Samsung sudah mengonfirmasikan mengenai rencananya membuat handset Tizen sebelum akhir tahun ini. Namun vendor yang kini merajai pasar smartphone bersaing dengan Apple ini tidak menyebutkan detail waktunya.


Tentunya menarik ketika Samsung nantinya akan merilis pesaing Android. padahal seperti diketahui, Samsung sangat dominan dalam penjualan handset Android dibandingkan vendor lain yang menjadi kompetitornya.


Ini sebenarnya bermula dari kekhawatiran akuisisi Google terhadap Motorola. Banyak yang berpendapat, Google nantinya akan mengutamakan perangkat Motorola untuk akses Android terbaru.


Meski telah dibantah oleh Google, rumor ini masih diyakini sebagian kalangan akan terjadi suatu saat nanti. Samsung adalah salah satunya yang menyiapkan kemungkinan tersebut dengan Tizen.


(rns/ash)