Android L Bisa Rekam Foto Berformat RAW

Jakarta - Smartphone masa kini mempunyai kamera dengan kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan kualitas gambarnya pun bisa diadu dengan kamera compact yang banyak beredar di pasaran.

Namun ada satu hal yang biasanya tak tersedia di kamera smartphone, yaitu pengaturan manual yang lengkap.


Dalam acara Google I/O 2014, Google memamerkan Android L, penerus Android 4.4 KitKat. Di dalam OS Android terbaru tersebut ternyata Google memberikan sejumlah fitur fotografi baru.


Inti dari fitur baru tersebut adalah API Camera 2 yang oleh Google dibenamkan ke dalam pembaharuan Android L. Apa saja fitur barunya?


Dengan API tersebut, pengguna Android akan bisa melakukan berbagai pengaturan manual terhadap kamera smartphone. Seperti mengatur shutter speed, koreksi warna, kurva, auto exposure/auto white balance lock, dan lain-lain.


Selain itu, kini perangkat Android kini bisa digunakan untuk merekam gambar dalam format RAW dengan dukungan DNG.


Sekadar informasi, RAW adalah file foto yang belum mengalami proses apapun di kamera, seperti kompresi ataupun interpolasi.


Jadi file tersebut akan lebih fleksibel ketika diolah menggunakan aplikasi semacam Photoshop dan Lightroom. Salah satu contoh fleksibel di sini adalah white balance yang bisa diganti pasca pengambilan gambar.


Apple pun sebelumnya sudah memperkenalkan fitur serupa dalam gelaran WWDC 2014. Fitur tersebut diberi nama manual control, yang akan menjadi bagian dari iOS 8 saat nanti sudah resmi dirilis.


(ash/ash)