Penetrasi Android Stagnan di AS

Jakarta - Jumlah pengguna Android di negara asalnya, Amerika Serikat, ternyata mengalami kejenuhan. Ini setidaknya dibuktikan dalam tiga bulan terakhir penetrasi si Robot Hijau mengalami stagnan.

Menurut data yang dilansir perusahaan riset comScore, dalam triwulan terakhir, di Negeri Paman Sam sudah ada 169 juta smartphone yang dipegang pengguna. Ini artinya, ada peningkatan 4% bila dibandingkan tiga bulan sebelumnya.


Dalam hal sistem operasi, justru hanya iOS yang berhasil menunjukan pertumbuhan. Sementara pangsa pasar Android dan Windows Phone tidak bergerak.


ComScore menyebutkan, market share Apple di AS tumbuh dari 41,3% menjadi 41,9%. Sementara Android dalam enam bulan berturut-turut tidak bergerak dari angka 52,1%.


Memang pada kenyataanya, soal platform, Android masih dominan bila dibandingkan dengan Apple. Demikian yang dikutip detikINET dari Neowin, Jumat (4/7/2014).


Kendati kalah, Apple berhasil menjadi produsen smartphone pertama dengan mengalahkan Samsung, LG dan Motorola.


Apple menguasai 41,9% pasar sementara Samsung di posisi kedua, dengan raihan 27,8%, disusul kemudian LG yang terpaksa turun penjualannya menjadi 6,5% dari 6,8%.


(tyo/ash)