Kapan Mobil Pintar Mulai Mengaspal?

Jakarta - Google Auto dan Apple CarPlay sepertinya tak akan lama lagi mengaspal di jalanan. Sejumlah produsen mobil mengatakan akan segera membenamkan platform pintar tersebut pada produknya.

Salah satu yang yakin dengan hal itu adalah pabrikan mobil Audi asal Jerman. Perusahaan ini menargetkan sudah akan menawarkan teknologi pintar pada produknya mulai tahun 2015. Adapun platform yang pertama dipilihnya adalah Google Auto.


Sedangkan versi CarPlay disebut menyusul setahun setelahnya yang direncanakan pada tahun 2016. Kedua platform awalnya hanya akan dipasarkan di wilayah Amerika Serikat.


Volvo bahkan sudah sempat memamerkan tenologi pintar di produknya lewat sebuah mobil dengan tipe XC90. Memang belum jelas platform mana yang dibenamkanya pada XC90, namun seri ini dijanjikan sudah akan meluncur di tahun 2015.


Sementara itu pabrikan mobil lain yang juga memastikan bakal membenamkan teknologi pintar di produknya adalah Ferrari, Honda, Hyundai, dan Mercedes-Benz. Meski masih spekulasi, kesemuanya juga disebut bakal mengumumkannya di tahun 2015.


Dibandingkan Google Auto yang baru diumumkan beberapa waktu lalu, sejauh ini telah ada sekitar 29 pabrikan mobil yang berniat menggunakan Apple CarPlay. Sedangkan Google Auto tercatat baru beberapa pabrikan saja, namun diprediksi bakal segera bertambah.


(yud/ash)