Selamat Ulang Tahun, Walkman!

Jakarta - Begitu banyak gadget beragam model telah diluncurkan, hanya beberapa yang bisa disebut legendaris. Salah satunya pemutar musik Walkman buatan Sony yang baru saja merayakan ulang tahun ke 35. Menurut catatan sejarah, Walkman dilahirkan Sony pada 1 Juli 1979.

Mereka yang tumbuh besar di era 1980-an atau 1990-an hampir pasti mengenal Walkman atau malah mengidam-idamkannya. Memang di era itulah, Walkman menuai puncak popularitas. Menenteng Walkman dianggap sebagai hal yang keren.


Walkman menghadirkan terobosan pada zamannya. Dengannya, pengguna dapat menikmati musik dari kaset secara praktis di mana saja. Tak heran jika kabarnya, sampai 220 juta Walkman terjual sepanjang sejarah eksistensinya.


Walkman versi kaset yang legendaris itu telah dipensiunkan Sony pada tahun 2010. Produksinya dihentikan. Permintaannya memang menurun drastis di era digital sehingga mau tak mau, Sony stop menjualnya atau akan menelan kerugian.


Saat ini, perangkat Walkman memang masih dijual, tapi sudah berubah ke versi digital yang sayangnya tak juga mampu menyaingi iPod. Sony juga membuat aplikasi Walkman yang sering disertakan di ponsel buatannya.


Bagaimanapun, susah dibantah Walkman versi kaset adalah gadget legendaris yang pernah dipuja-puja. Jadi tak ada salahnya mengucapkan, selamat ulang tahun ke-35 Walkman!

(fyk/ash)