Cortana 'Ramalkan' Laga Piala Dunia

Jakarta - Ajang Piala Dunia selalu diramaikan dengan kehadiran para 'peramal' pertandingan dari hewan. Mulai dari Regina si Gurita dari Jerman, Ying Mei Panda Tiongkok, sampai Big Head si kura-kura Brasil. Dari teknologi, ada Cortana si fitur asisten.

Sambil menunggu Microsoft merilis versi full dari fitur ini, seorang pengguna Windows Phone 8.1 iseng menanyai Cortana soal prediksi pemenang di salah satu pertandingan Piala Dunia.


Cortana ditanyai siapa pemenang dalam laga Belgia vs AS (Amerika Serikat). Meski Cortana tidak bisa mengekspresikan betapa menegangkannya pertandingan tersebut, atau menceritakan heroiknya aksi penjaga gawang tim AS Tim Howard, fitur asisten virtual ini dengan tepat menebak Belgia sebagai juaranya.


Bukan sihir, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (3/7/2014), di balik kepintaran Cortana ada mesin prediksi Bing. Mesin ini 'meramal' menggunakan algoritma sederhana berdasarkan informasi mengenai performa kedua tim sebelumnya, cuaca, dan faktor lain dalam menentukan siapa yang akan unggul.


Sebelumnya, Cortana juga dipakai seru-seruan untuk memprediksi pemenang ajang pencarian bakat menyanyi American Idol dan Dancing With the Stars. Nah, menurut Anda, apakah Cortana cukup pintar?


(rns/ash)