'Heran, Ponsel Mahal kok Maunya Charger Murah'

Jakarta - Charger KW tak hanya diminati pengguna ponsel menengah ke bawah. Pengguna ponsel mahal pun tak jarang memburu charger KW seharga puluhan ribu rupiah.

Menurut pengakuan Rahadiansyah, salah satu penjual charger KW, dirinya tak jarang menemukan konsumen pengguna ponsel kelas high end yang membeli charger darinya.


"Yang ponselnya kaya iPhone, Galaxy S4 banyak juga mereka pake charger non ori," ujar Ian, sapaan akrabnya, kepada detikINET, Rabu (2/7/2014).


Gadget enthusiast Lucky Sebastian pun membenarkan jika charger original pada kenyataannya kalah pamor oleh charger yang bukan asli buatan pabrikan gadget.


"Charger yang murah ini yang seringkali membuat orang malas membeli charger original, karena perbedaaan harganya besar," sebutnya.


Dikatakannya, charger KW bisa saja ada yang dibuat bagus. Sangat mirip seperti charger original-nya, charger ini pun memiliki standar keamanan. Tetapi tetap saja dibuat untuk mengejar biaya murah.


"Untuk menekan biaya pembuatan charger, banyak komponen di dalam charger yang seharusnya untuk safety, untuk kestabilan, daya tahan, dihilangkan," kata Lucky.Next


(rns/ash)