'BlackBerry Jakarta' Hanya untuk Indonesia

Jakarta - Indonesia memang istimewa bagi BlackBerry. Jadi tidak mengherankan bila seri BlackBerry Z3 diberi embel-embel Jakarta Edition. Seperti halnya BlackBerry Bold 9900 (Dakota) dan Bold 9700 (Bellagio).

Dengan nama Ibu Kota Indonesia itu, bisa jadi nama 'Jakarta' bisa lebih dikenal lebih luas karena penjualan BlackBerry Z3 tidak sebatas di Tanah Air. Apalagi sejumlah negara juga bakal kedatangan handset BlackBerry 10 murah ini.


"Ya, BlackBerry Z3 akan dijual di luar Indonesia. Seperti di Hong Kong dan Vietnam. Kebanyakan memang di Asia Pasifik, menyesuaikan dengan karakteristik handset untuk negara seperti Indonesia juga," ujar Ardo Fadhola, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia kepada detikINET, di Rumah Maroko, Jakarta.


Kendati Z3 akan dilepas di sejumlah negara Asia Pasifik, namun Ardo agaknya menyangsikan bila nama 'Jakarta' akan ditambahkan embel-embel di belakangnya untuk gimmick marketing.


Sebab. kemungkinan besar negara yang menjual Z3 tidak mengambil nick name sebagai materi pendukung penjualan.


"Pengambilan nama lain itu sebetulnya bukan kewajiban. Seperti BlackBerry 9900, ada yang mengambil menjadi BlackBerry Dakota ada juga yang tidak. Karena nama lain itu sebetulnya untuk internal saja," lanjut Ardo.


Soal BlackBerry Z3 Jakarta Edition, memang dari pihak BlackBerry Indonesia yang mengambil nama lengkapnya. Lantaran memang handset ini diperuntukkan bagi konsumen lokal.Next


(tyo/ash)