Jatah Windows Phone 8.1 Tak Cuma Buat Lumia

Jakarta - Kehadiran Lumia 630 dengan sendirinya membuka tabir update Windows Phone (WP) 8.1 yang selama ini bikin penasaran penggemarnya. Lantas bagaimana nasib ponsel yang masih bermodalkan WP 8?

Tak perlu khawatir, karena Nokia yang kini termasuk dalam bagian Microsoft memastikan update WP 8.1 dapat dirasakan oleh semua ponsel yang masih menggunakan WP 8.


Menariknya lagi, ternyata tak sebatas pada seri Lumia saja tapi juga semua ponsel berbasis WP 8 yang ada di pasaran global.


“Semua ponsel berbasis WP 8 dapat merasakan update ini, tanpa dibatasi merek dan serinya. Cuma bedanya update WP 8.1 di seri Lumia bakal disertai sejumlah fitur andalan yang memang hanya ada di Lumia semisal aplikasi peta Here, dan lain-lain,” ujar Anvid Erdian, Product Manager Microsoft Device di Belly Clan, Intiland Tower, Jakarta.


Hal semacam ini jelas menguntungkan pengguna WP karena mendapatkan update yang merata meski dengan ponsel dari merek yang berbeda-beda.


Ini memang lantaran WP merupakan OS yang masih bersifat ‘tertutup’ sehingga Microsft memiliki kekuasaan untuk mengatur peredaran WP secara tersentral.


Bekebalikan dengan Android yang merupakan open source, tiap ada update terbaru yang muncul, praktis hanya perangkat Google yang dalam hal ini adalah seri Nexus yang langsung dapat merasakannya.


Sedangkan untuk ponsel yang digarap oleh produsen lainnya, pengguna terpaksa harus menunggu kebijakan produsen tersebut untuk meluncurkan update terbaru pada ponsel garapannya. Dan kalaupun update terbaru akhirnya meluncur biasanya butuh waktu yang tak sebentar untuk langsung merasakannya.


(yud/ash)