Samsung Garap 'Otak' A9 Apple?

Jakarta - Meski keduanya saling menuntut di pengadilan, Apple dan Samsung tetap menjalin hubungan baik untuk urusan bisnis penyedia komponen.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Samsung merupakan salah satu penyuplai komponen prosesor dan panel layar untuk Apple.


Kini, seperti yang dilansir oleh Ubergizmo, Rabu (2/7/2014), Samsung dilaporkan bakal memimpin produksi prosesor A9 yang akan digunakan di iPhone dan iPad pada tahun 2015.


Isu itu muncul dari publikasi perdagangan Taiwan yang mengklaim bahwa Samsung Electronics dan Globalfoundries telah menerima pesanan chip 14nm FinFET dari Apple dan Qualcomm.


Globalfoundries adalah partner yang digandeng oleh Samsung untuk memenuhi target kapasitas produksi prosesor, baik untuk Apple maupun untuk Samsung sendiri.


Sebelumnya memang sempat muncul kabar bahwa Apple akan mulai memindahkan produksi prosesornya dari Samsung ke TSMC. Sementara hal itu belum terjadi, muncul pula isu bahwa Intel menjadi salah satu penyuplai potensial untuk prosesor A9 itu.


Namun sampai saat ini, Samsung masih menjadi pemasok utama prosesor Apple. Sepertinya kapasitas produksi Samsung yang tinggi masih menjadi daya tarik utama bagi Apple.


(ash/ash)