'Jiwa' Siri akan Diganti

Jakarta - Apple dikabarkan akan mengganti Nuance Communication, sebuah perusahaan teknologi di balik kecerdasan Siri. Penggantian ini dilakukan agar fitur asisten digital tersebut jadi lebih pintar.

Kendati santer terdengar, belum diketahui siapa yang nantinya bakal dipilih oleh Apple setelah melepas Nuance di 'jiwa' Siri tersebut. Demikian yang detikINET kutip dari Cult of Mac. Rabu (2/7/2014).


Sebetulnya, perusahaan voice recognition ini telah memiliki sejarah untuk urusan teknologi pengenal suara. Sebelum Siri, Nuance pernah merilis aplikasi Dragon Go! untuk iOS. Merambah desktop pun pernah dilakukannya lewat software Naturally Speaking.


Ada bisik-bisik menyebutkan, Nuance diganti bukan karena alasan performa yang tak memusakan. Namun juga, karena Nuance dikabarkan akan dibeli oleh Samsung. Dan pembicaraan ini sudah mencapai tahap yang lebih serius.


Nuance diyakini telah mengadakan pembicaraan serius dengan Samsung, walau ada kemungkinan diyakini ada pihak swasta lainnya yang juga menaruh minat dengan perusahaan itu.


Bila kesepakatan ini terjadi, tentu saja akan mudah bagi Samsung mengontrol teknologi suara ke berbagai perangkat. Apalagi Nuance memang sudah merambah ke device lain, seperti GPS dan bahkan TV. Malah baru-baru ini, Nintendo berencana menggunakan teknologi yang sama.


(tyo/ash)