Pemilihan Umum dan Konektivitas

Jakarta - Konektivitas jaringan akan berkembang seiring dengan perubahan cara manusia hidup, belajar, bekerja dan bermain, termasuk ketika memilih pada pemilihan umum.

Berbicara mengenai kampanye pemilihan umum di Indonesia, sebelumnya sering kali dilakukan dengan mengumpulkan banyak massa di satu tempat, misalnya saja stadion Gelora Bung Karno.


Cisco Mobile Visual Networking Index 2014-2018 menunjukkan bahwa di Indonesia, lalu lintas data mobile akan meningkat sebanyak 16 kali lipat dari tahun 2013 sampai 2018, mencapai 377,8 petabyte per bulan pada tahun 2018.


Sebuah survei dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama dengan Badan Pusat Statistik, P2SKTI, mengungkapkan bahwa terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2013. Dan angka ini terus meningkat dengan drastis, terutama pada perangkat mobile.


Seiring dengan penetrasi pertumbuhan internet dan generasi digital yang mulai beranjak dewasa, calon presiden dan partai-partai politik berkesempatan untuk mengubah dan mengembangkan cara mereka berinteraksi dengan para pemilih dan rakyat.


Media Sosial


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa ada 63 pengguna internet di Indonesia, dan 93% dari mereka menggunakan internet untuk mengakses media sosial.Next


(ash/yud)