Server Ini Bisa Jadi Penghangat Ruangan

Mumbai - Sebuah server komputer biasanya menghasilkan panas yang cukup tinggi ketika beroperasi. Bagaimana jika panas tersebut dimanfaatkan untuk menjadi penghangat ruangan saat cuaca dingin?

Hewlett-Packard (HP) meluncurkan sistem komputasi kinerja tinggi (high-performance computing/HPC) HP Apollo, yang mampu memberikan hingga empat kali kinerja standar rack server dengan menggunakan energi dan ruang yang lebih sedikit.


Penawaran baru ini menetapkan standar baru untuk pusat data, yaitu dengan menggabungkan desain modular dengan distribusi daya dan teknik pendinginan memakai cairan khusus.


Vice President and General Manager, HP Servers, Asia Pacific and Japan, Stephen Bovis, mengatakan cairan khusus tersebut tidak akan sampai merusak perangkat server dan panas yang dihasilkan cairan itu bisa disalurkan ke luar server menjadi penghangat ruangan.


"Server ini bisa diaplikasikan di ruangan khusus sehingga bisa memberi efisiensi kepada perusahaan dan memberi nilai tambah dalam bisnisnya," katanya dalam acara HP Asia Pacific and Japan Media Summit 2014 di Mumbai, India, Kamis (3/7/2014).


HP Apollo dibangun dengan meneruskan ambisi HP di bidang server dan inovasi yang memimpin pasar dengan menciptakan server x86, server blade, dan server HP Moonshot, server rendah daya yang didefinisikan oleh perangkat lunak.


Portofolio HP Apollo baru ini meliputi:

- Sistem HP Apollo 6000 berpendingin udara, yang memaksimalkan efisiensi kerja sehingga kapabilitas HPC dapat digunakan oleh beragam pelanggan enterprise.Next





(ang/ash)