Sony Siap Rilis RX1 Versi Monokrom?

Jakarta - Jika dilihat dari jenis produk fotografi yang dirilis oleh Sony, mungkin ada yang berpendapat bahwa target pasar mereka adalah orang yang ingin membeli kamera semacam Leica namun dengan harga yang lebih murah.

Salah satu contohnya adalah saat Sony merilis A7 dan A7s, kamera mirrorless dengan sensor full frame pertama di dunia yang dilengkapi autofokus. Contoh keduanya masih berupa rumor, yaitu Sony dikabarkan sedang membuat varian baru dari kamera full frame lainnya, RX1.


RX1 adalah kamera yang bentuknya menyerupai kamera rangefinder. Sensor full frame-nya beresolusi 24 megapixel, dan dilengkapi dengan lensa Carl Zeiss Sonnar T* 35mm f/2.


Seperti yang dilansir oleh Sonyalpharumors, Jumat (4/7/2014), di varian baru tersebut, isunya Sony akan mengganti sensor RX1 dengan sensor monokrom. Ini berarti gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut hanya gambar hitam putih.


Berarti sejumlah filter yang tidak diperlukan dalam sensor monokrom akan dihilangkan. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan akan lebih tajam jika dibandingkan dengan sensor berwarna.


Leica sudah memiliki kamera sejenis dalam jajaran produknya. Berbasis dari kamera rangefinder andalan mereka, Leica M, kamera yang cuma bisa merekam gambar hitam putih itu diberi nama Leica M Monochrom. Harganya? USD 8.000, atau sekitar Rp 95 juta (tanpa lensa), sedangkan Sony RX1 versi berwarna harganya 'hanya' USD 2800.


(fyk/fyk)