Brasil Paling Banyak Diserang Malware Perbankan

Jakarta - Menurut laporan bulanan terbaru Kaspersky Lab mengenai ancaman online di sektor perbankan, para pengguna di Brasil, Rusia dan Italia adalah yang paling sering diserang malware keuangan.

Dalam periode laporan yaitu dari 19 April – 19 Mei 2014, Kaspersky Lab memblokir 126.600 upaya serangan terhadap komputer untuk menjalankan malware yang mampu mencuri uang dari pemilik rekening online banking di tiga negara di atas.


Jumlah ini lebih dari sepertiga jumlah total pengguna yang diserang oleh malware perbankan di seluruh dunia.


Biasanya, para penjahat cyber akan mencoba mencuri data kartu bank pengguna dengan bantuan program Trojan khusus.


Dari pertengahan April sampai pertengahan Mei, Zeus (Trojan-Spy.Win32.Zbot) kembali menjadi Trojan perbankan dengan penyebaran paling luas.


Berdasarkan penelitian Kaspersky Lab, program ini terlibat dalam 198.200 serangan malware terhadap nasabah perbankan online. Sekitar 82.300 orang diserang oleh Trojan-Banker.Win32.ChePro dan Trojan-Banker.Win32.Lohmys, keduanya adalah program berbahaya yang terutama menyebar melalui email spam dengan subyek 'biaya Internet bank'.


Cara lain untuk mencuri data perbankan yaitu dengan serangan phishing. Selama periode laporan, Kaspersky Lab memblokir 21,5 juta serangan phishing dan hampir 10% serangan (sekitar 2 juta) menyasar data kartu bank pengguna.Next


(ash/ash)