Mengapa Industri Otomotif yang Dilirik?

Jakarta - Sistem operasi mobile mulai memperluas daerah jajahannya. Tak hanya sebagai pusat hiburan di ruang keluarga atau penjaga keamanan saat rumah ditinggal, karena kini OS seperti iOS dan Android sudah bisa diajak berkendara.

Bila Google punya Android Auto maka Apple memiliki iOS CarPlay. Kedua OS ini nyaman berada di dashboard mobil yang mempunyai fungsi standar seperti memutar musik, membaca SMS sampai penunjuk jalan.


Google dan Apple memang bukan yang pertama terjun di industri ini. Karena sebelumnya BlackBerry dan bahkan Microsoft pun termasuk kelompok pertama yang memperkenalkan sistem operasi di mobil.


Tapi, bukan masalah siapa yang pertama duluan di masuk ke mobil. Melainkan mengapa industri otomotif yang dilirik?


"Ketika industri terhubung dengan Internet of Things, machine-to-machine dan big data, tampaknya semua akan bertabrakan. Nyatanya tidak. Terhubung dengan mobil, untuk akan membantuk kami memposisikan diri," kata CEO BlackBerry John Chen.


BlackBerry yang selama ini diklaim terpuruk memang mempunyai aset penting yang paling beharga bernama QNX. Dengan sistem operasi ini, mereka membuat BlackBerry 10, yang kemudian menjadi teknologi di mobil-mobil mewah asal Eropa dan Amerika Serikat.


"QNX adalah salah satu yang lebih, kalau tidak bisa disebut paling aset berharga di perusahaan sekarang," kata Mark Boyadjis, seorang analis di IHS Automotive di Minneapolis, Minnesota .Next


(tyo/ash)