Dikecam Rockstar, Modder Gigih Bikin Mod GTA V

Jakarta - Kebijakan Rockstar Games yang tak memperbolehkan Grand Theft Auto (GTA) V disusupi dengan beragam modifikasi (mod) ternyata tak membuat para Modder -- sebutan orang yang membuat modifikasi -- gentar.

Beberapa Modder handal dikabarkan siap mengoprek game action open-world yang baru saja dirilis di PC beberapa waktu lalu. Namun, tentu gamer harus ekstra sabar.


Mod dalam serial game Grand Theft Auto memang bukanlah hal baru lagi. Sejak jaman PlayStation 2, game besutan Rockstar Games itu kerap disusupi dengan berbagai macam mod oleh para Modder.


Dengan mod, gamer bisa dengan mudah memasukkan dan memainkan apa yang mereka suka. Semisal, gamer bisa memasukkan karakter Naruto untuk berperan sebagai karakter utama dalam Grand Theft Auto. Ya, kira-kira seperti itulah.


Maka dari itu, Rockstar Games kemudian melakukan berbagai cara untuk mencegah mod masuk ke dalam game terbarunya itu. Penanggulangan mod oleh Rockstar pertama kali diungkap oleh ENBSeries, pencipta mod dalam beberapa judul game, seperti The Elder Scrolls: Oblivion, Skyrim, Fallout 3, dan bahkan Grand Theft Auto IV.


"Rockstar lakukan semuanya untuk mencegah modding di GTA V," tulis ENBSeries di situsnya. "Untuk saat ini, sangat mustahil untuk melakukan apapun melalui editing file game," tambahnya, dikutip detikINET dari Venture Beat, Jumat (17/4/2015).


Kendati GTA V susah untuk disusupi mod, namun nyatanya para Modder itu tak patah arang. Mereka berusaha sekeras mungkin agar bisa menyusupi GTA V. Dan benar saja, beberapa hari lalu Modder yang menamakan dirinya GooD-NTS mengatakan jika mereka telah berhasil mengakses filer berkas Grand Theft Auto.


Sama halnya dengan ENBSeries, GooD-NTS ini tak lain merupakan Modder profesional, ketua dari developer OpenIV. Tim dari OpenIV sendiri sebelumnya berhasil menciptakan alat bernama OpenIV Tool yang dipakai untuk mensusupi mod untuk GTA IV di PC dengan mudah. Kini tim OpenIV dikabarkan tengah menggarap mod untuk GTA V.


(ash/ash)