Pamer Aksi di Facebook, Perampok Dibui

Jakarta - Memposting status, sampai memberitahu apa yang sedang dimakan, sudah umum kita jumpai di media sosial. Tapi mungkin hanya pencuri bodoh yang mengungkap rencananya di Facebook.

Entah apa yang ada di pikiran Andrew Hennels. Pria 32 tahun ini iseng memajang status aksi merampok sebuah toko di akun Facebook miliknya. Dia tidak menyadari, statusnya tersebut terkoneksi dengan anggota polisi.


"Doing. Tesco. Over." Demikian bunyi status Facebooknya. Bodohnya lagi, pada postingan sebelumnya Hennels mengupload foto pisau dapur yang dijadikannya sebagai senjata saat melakukan aksi perampokan.


Alhasil, Hennels seolah dengan sukarela menyerakan diri untuk ditangkap polisi. Hanya perlu 15 menit bagi polisi untuk menemukan dan langsung meringkusnya.


Seperti dilansir News Softpedia, Selasa (14/4/2015), polisi dengan mudah mencocokkan foto profil Hennels di Facebook dengan rekaman video di toko yang menjadi korban aksi perampokan. Apalagi, saat melakukan aksinya, Hennels juga tidak menggunakan penutup wajah.


Malang bagi perampok ceroboh ini, karena eksis di Facebook, dia tak bisa menikmati hasil rampokannya yang tercatat senilai USD 599. Kini, Hennels sedang dalam proses menghadapi proses pengadilan dengan ancaman penjara empat tahun.


(rns/yud)