Google Bangun Pasukan Robot?

Jakarta - Google baru saja diberi hak atas paten sebuah sistem robot. Sistem ini memungkinkan pengguna membagi tugas ke sejumlah perangkat robot melalui cloud.

Dalam paten yang didaftarkan ke United States Patent and Trademark Office, Google mendeskripsikan bagaimana komponen computing seperti PC atau ponsel bisa berkomunikasi dengan robot melalui jaringan, menerima informasi dan menjalankan perintah.


Paten dengan teknologi canggih ini, seperti dilansir Telegraph, Kamis (16/4/2015), memunculkan spekulasi bahwa Google berniat membuat pasukan robot.


Karena jelas, seseorang bisa memberi tugas ke sejumlah robot sekaligus. Misalnya, memerintahkan sekelompok robot vacuum cleaner untuk membersihkan ruangan di hotel secara serentak.


Belakangan, Google memang memperlihatkan minat serius pada bidang robotik. Pada 2013, Google mengakuisisi Boston Dynamic, perusahaan robot teknologi tinggi. Robot yang mereka produksi memang disambut kekaguman oleh khayalak.


Saking canggihnya, terkadang robot besutan Boston Dynamics terlihat menyeramkan. Misalnya saja, robot yang bisa berlari cepat seperti binatang cheetah. Jadi sepertinya bukan tidak mungkin Google berniat menciptakan pasukan robot canggih.


Foto terkait:


Militer AS Siapkan Robot Anjing Raksasa


(rns/ash)